Angkatan 1 Orientasi Operator Pemetaan Mutu PAUD dan Dikmas tahun 2017

02-05-2017

Oleh : Enang Komala, S.Pd.



Peserta Orientasi Operator Pemetaan Mutu PAUD dan Dikmas terdiri dari unsur operator Dapodik dari 33 dinas pendidikan kab/kota, 195 Lembaga PAUD, 99 LKP, 106 PKBM, se Wilayah Koordinasi Kerja PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat,

Angkatan ke satu dari empat angkatan pada Orientasi Operator Pemetaan Mutu PAUD dan Dikmas se Wilayah Koordinasi Kerja PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat ini sebanyak 114 orang pengelola data dari 108 lembaga satuan, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 24 sampai 26 april 2017 di aula sunan ambu PP-PAUD Dikmas Jawa Barat

Orientasi Operator Pemetaan Mutu PAUD dan Dikmas se Wilayah Koordinasi Kerja PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat, kegiatan tidak bermaksud untuk melakukan penilaian terhadap lembaga satuan PAUD dan Dikmas melainkan untuk mengetahui peta dan kondisi mutu program PAUD dan Dikmas saat ini, sehingga bisa diperoleh data mengenai kekuatan dan kelemahan yang terdapat pada pengelolaan program PAUD dan Dikmas. Pada akhirnya dapat diketahui komponen standar PAUD dan Dikmas yang masih membutuhkan penguatan, yang masih perlu lebih dioptimalkan untuk terjadinya peningkatan kualitas program PAUD dan Dikmas di lembaga.

Mutu program PAUD dan Dikmas dimaksud harus sesuai dengan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). SNP adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan. SNP dikembangkan untuk menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan bangsa, membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan nasional.

Standar Nasional Pendidikan terdiri dari 8 komponen standar yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan.

Tujuan dari Orientasi ini adalah untuk Mensosialisasikan instrumen pemetaan mutu yang merujuk kepada instrumen akreditasi BAN PAUD dan PNF, Mensosialisasikan dan simulasi penggunaan aplikasi berbasis web pemetaan mutu PAUD dan Dikmas, dan Simulasi pengolahan data hasil dari aplikasi pemetaan mutu PAUD dan Dikmas.

Adapun Hasil yang Diharapkan dalam orientasi ini adalah Tersosialisasikannya instrumen pemetaan mutu PAUD dan Dikmas, Tersosialisasikannya aplikasi pemetaan mutu PAUD dan Dikmas dan Peserta dapat menggunakan dan mengolah hasil aplikasi pemetaan mutu.

Materi orientasi ini antara lain adalah
1. Paparan tentang Kebijakan Pemetaan Mutu PAUD dan Dikmas oleh Kabid Program dan Informasi PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat (Drs. Dadang Sudarman T),
2. Sosialisasi instrumen pemetaan mutu PAUD dan Dikmas oleh tim teknis PP PAUD dan DIKMAS Jawa Barat
3. Sosialisasi dan simulasi penggunaan aplikasi pemetaan mutu PAUD dan Dikmas oleh tim teknis PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat
4. Pembahasan hasil simulasi aplikasi pemetaan mutu PAUD dan Dikmas oleh tim teknis PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat
5. Arahan dan program tindak lanjut pemetaan mutu PAUD dan Dikmas oleh Kepala Seksi informasi dan Kemitraan PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat (Dr. Hj. Liza Hanurani)


Langganan Via SMS
Nomer HP


Langganan Via Email
Email
 
  Aplikasi

  Galeri


Pemetaan Mutu Prov. DKI Jakarta 2017


Pemetaan Mutu Angk. I