Mengenal Permendikbud 137 tahun 2014: Belajar yang Menyenangkan (Bag 4)


Penulis : Dina Julita



Mengingat masa anak adalah masa bermain, maka pembelajaran PAUD sepatutnya dilaksanakan melalui kegiatan bermain yang menyenangkan. Tidak hanya sekedar bermain, tetapi terdapat tema belajar yang disampaikan kepada anak, yakni antara lain nilai agama dan moral, kemampuan berpikir, kemampuan berbahasa, kemampuan sosial-emosional, kemampuan fisik-motorik, serta apresiasi terhadap seni.

Agar efektif, tema-tema pembelajaran tersebut disampaikan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, kontekstual dan berpusat pada anak. Pembelajaran interaktif yang dimaksud adalah proses pembelajaran yang mengutamakan interaksi antar anak, anak dan pendidik, serta anak dan lingkungannya. Bersifat inspiratif ialah pembelajaran yang mendorong perkembangan daya imajinasi anak. Menyenangkan artinya anak belajar dalam suasana bebas dan nyaman. Kontekstual merupakan proses pembelajaran yang terkait dengan tuntutan lingkungan alam dan sosial-budaya. Sementara berpusat pada anak merupakan proses pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan karakteristik, minat, potensi, tingkat perkembangan, dan kebutuhan anak.

Jika pembelajaran PAUD memenuhi semua itu, maka pembelajaran akan mendorong anak untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan keleluasaan bagi anak dalam mengembangkan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis anak. (Dina Julita / Foto Sumber : kemdikbud.go.id)


Langganan Via SMS
Nomer HP


Langganan Via Email
Email
 
  Aplikasi

  Galeri


Pemetaan Mutu Prov. DKI Jakarta 2017


Pemetaan Mutu Angk. I