Mengenal Permendikbud 137 tahun 2014: Pengelolaan, Kebersihan dan Keamanan PAUD (Bag 3)


Penulis : Dina Julita



Mengenai pengelolaan PAUD, banyak hal yang kini telah disertakan ke dalam standar PAUD. Di antaranya, penyelenggara PAUD kini harus memperhatikan waktu dan frekuensi kegiatan. Untuk PAUD dengan anak didik usia 0-2 tahun, pertemuan minimal dilakukan sepanjang 120 menit. Dalam satu minggu, pertemuan diadakan minimal satu kali. Sedangkan untuk kelas usia 2 hingga 6 tahun, durasi pertemuan minimal diselenggarakan 180 menit. Pertemuan tersebut dilakukan minimal dua kali seminggu untuk kelompok usia 2-4 tahun, dan  minimal lima kali seminggu untuk usia 4- 6 tahun.

Usia Anak

Lama Pertemuan

Jumlah pertemuan minimal per minggu

0  - 2

120 menit

1 kali

2-4

180 menit

2 kali

4-6

180 menit

5 kali


Selain waktu dan frekuensi, terdapat pula ketentuan rasio guru PAUD. Untuk kelompok usia lahir hingga 2 tahun, seorang guru maksimal mendidik 4 anak. Sementara untuk usia 2-4 tahun, rasio guru dan anak adalah 1 berbanding 8. Pada kelompok anak didik selanjutnya, yakni usia 4-6 tahun, satu guru paling banyak berbanding 15 anak.

Kebersihan dan Keamanan

    Dalam penyediaan sarana dan prasarana pendidikan, standar PAUD kini semakin menekankan kebersihan dan keamanan. Jamban yang mudah terjangkau, air yang bersih, serta fasilitas mencuci tangan bagi anak mesti disediakan. Begitu pula tempat sampah yang tertutup dan tidak cemar harus ada dan dikelola setiap hari.
Terkait kesehatan, unit kesehatan sekolah (UKS) merupakan sarana wajib yang harus tersedia di taman kanak-kanak (TK). Sementara untuk tempat penitipan anak (TPA), cukup dengan memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan, seperti puskesmas atau rumah sakit.
Standar mainan juga menjadi bagian penting yang harus diawasi kesehatan dan keamanannya. Oleh karena itu, alat permainan edukasi yang digunakan PAUD disyaratkan telah memenuhi standar nasional Indonesia (SNI). Demikian pula dengan fasilitas permainan yang ada di dalam maupun di luar ruangan, harus memenuhi kriteria aman dan sehat.
Ruang gerak yang nyaman juga masuk ke dalam hal yang distandarisasikan. Dalam Permendikbud tentang Standar PAUD, dicantumkan bahwa ruang kegiatan anak harus memiliki rasio minimal 3 meter persegi per anak. Bahkan untuk TK, terdapat syarat tambahan yakni memiliki luas minimal 300 meter persegi, yang mencakup bangunan dan halaman.


Langganan Via SMS
Nomer HP


Langganan Via Email
Email
 
  Aplikasi

  Galeri


Pameran HAI 2017 Kuningan


Pemetaan Mutu Prov. DKI Jakarta 2017