Mengenal Permendikbud 137 tahun 2014: Seluruh Pendidik PAUD adalah Guru (Bag 2)


Penulis : Dina Julita



Sebelumnya, pendidik PAUD terdiri atas guru, guru pendamping, dan pengasuh. Saat ini, semua pendidik PAUD adalah guru. Yang sebelumnya disebut pengasuh PAUD kini bersalin nama menjadi guru pendamping muda. Ini tentunya merupakan kabar baik, karena merupakan pengakuan dari pemerintah kepada seluruh pendidik PAUD dengan menyematkan status guru.

Mengenai kualifikasi akademik, standar pendidik PAUD masih sama dengan peraturan sebelumnya. Guru PAUD harus memiliki ijazah D-IV atau S1 dalam bidang PAUD atau kependidikan lain yang relevan, atau psikologi. Guru pendamping diwajibkan berijazah D-II PGTK, atau sekolah menengah atas (SMA), atau sederajat dengan memiliki sertifikat pelatihan/ kursus PAUD jenjang guru pendamping dari lembaga yang diakui pemerintah. Sementara itu, kualifikasi akademik guru pendamping muda adalah memiliki ijazah SMA dan sertifikat pelatihan/kursus PAUD jenjang pengasuh dari lembaga diakui pemerintah.

Selain kualifikasi akademik, pendidik PAUD juga harus memiliki kompetensi khusus. Untuk guru dan guru pendamping kompetensi tersebut mencakup pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Sementara kompetensi guru pendamping muda ialah memiliki pemahaman dasar-dasar pengasuhan, keterampilan melaksanakan pengasuhan, bersikap dan berperilaku sesuai dengan kebutuhan tingkat usia anak.


Langganan Via SMS
Nomer HP


Langganan Via Email
Email
 
  Aplikasi

  Galeri


Pemetaan Mutu Prov. DKI Jakarta 2017


Pemetaan Mutu Angk. I