Mengenal Standar Pendidikan Anak Usia Dini Terkini: Permendikbud No 137 tahun 2014 (Bag 1)


Penulis : Dina Julita



Masa emas seorang manusia berada di awal kehidupannya. Pada masa itu, perkembangan anak melesat dengan pesat. Bahkan dalam kurun waktu 4 tahun pertama, kecerdasan anak berkembang sama besarnya dengan 14 tahun berikutnya. Oleh karena itulah, masa itu juga disebut periode kritis, karena berpengaruh besar pada pembentukan seorang manusia ketika ia tumbuh dewasa kelak.

Untuk pertumbuhan anak yang optimal, maka anak perlu dididik sejak usia dini. Itulah yang melatarbelakangi program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Seiring dengan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terhadap pendidikan untuk anak, PAUD tumbuh bak jamur. Di wilayah Republik Indonesia jumlahnya kini sudah mencapai 189.999 lembaga, dan melayani 4,81 juta anak didik.

Hal ini tentu saja menggembirakan. Mengingat PAUD merupakan media yang dapat mempersiapkan generasi unggul bagi Indonesia. Akan tetapi, yang perlu diingat, untuk mencapai hal itu penyelenggaraan PAUD sepatutnya tidak asal-asalan. Diperlukan standar baku untuk menjaga kualitas PAUD.

Untuk itulah Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD. Ini merupakan peraturan baru yang telah disempurnakan, setelah sebelumnya pemerintah menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 58 Tahun 2009. Lalu, sepeti apakah standar PAUD saat ini dalam peraturan tersebut? Berikut beberapa hal yang terkandung di dalamnya.


Langganan Via SMS
Nomer HP


Langganan Via Email
Email
 
  Aplikasi

  Galeri


ATS TRIPIDES


Pameran HAI 2017 Kuningan