Model Pendidikan Petualangan Berbasis Lingkungan Alam Dalam Pembentukan Integritas Pemuda


Penulis : Sri Handayani, Dra. MPd.


Lebih dari tiga dasawarsa bangsa ini berjalan dalam kungkungan konsep ideologi yang selalu mengutamakan pertumbuhan dan modernisasi tanpa memperhatikan aspek pemerataan. Dobrakan rakyat melalui mahasiswa dan pemuda berhasil membuka pintu bagi lahirnya era reformasi. Kesuksesan tersebut masih merupakan awalan perjuangan panjang. Pemuda justru terlena dan terperdaya sehingga menjadi kurang kuat dalam mengawal agenda reformasi. Sudah saatnya pemuda  kembali tampil pada jalannya,  melakukan kontrol dan berkontribusi bagi perjalanan bangsa. Apapun peran yang diambil, posisi yang strategis harus menempatkan pemuda pada porsinya yang jelas. Jika kualitas pemuda baik, maka bonus demografi merupakan berkah dan tidak akan menimbulkan bencana sosial ekonomi.

Pemuda yang memiliki kualitas yang baik yaitu memiliki karakter, maka menanamkan pendidikan akhlak dan karakter Bangsa menjadi penting. Salah satu modal dasar memperoleh karakter baik adalah dengan menanamkan integritas pada setiap pemuda.
Program pendidikan yang dapat dijadikan alternatif pendidikan bagi pemuda yang mampu menjawab tantangan zaman dan semakin kompleks. Kegiatan di alam terbuka dengan segala tantangannya dapat membentuk seseorang menjadi pemuda yang memiliki integritas dan tangguh. Pendidikan Petualangan berbasis lingkungan alam dapat dijadikan pendidikan karakter untuk pembentukan integritas Pemuda. 

Kata Kunci : Pendidikan petualangan, Pendidikan Alam Terbuka (Outdoor), Pendidikan Karakter, Integritas
 


Langganan Via SMS
Nomer HP


Langganan Via Email
Email
 
  Aplikasi

  Galeri


Pemetaan Mutu Prov. DKI Jakarta 2017


Pemetaan Mutu Angk. I