TNI POLRI Dukung Pendataan Anak Usia Sekolah yang Tidak Sekolah di Kabupaten Pangandaran


Penulis : Enang Komala, S.Pd.



Untuk menghasilkan data ATS (Anak usia sekolah yang tidak sekolah) yang valid Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP-PAUD dan Dikmas) Jawa Barat Menyelenggarakan Pentaloka Penguatan Sistem Pendataan ATS Melalui Peran Serta Tripides di kabupaten Pangandaran. (12/11/2017)
Kepala Pusat PP-PAUD dan Dikmas) Jawa Barat Muhammad hasby dalam pidato sambutannya mengatakan Tujuan pelaksanaan Pentaloka Penguatan Sistem Pendataan ATS Melalui Peran Serta Tripides adalah untuk meningkatkan Efisiensi Dan Efektivitas Sistem Pendataan ATS di Tingkat Desa, melalui peran serta Tripides (Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa/Kuwu), sehingga Tersedianya data ATS yang akurat di tingkat desa, kecamatan bahkan diharapkan di tingkat kabupaten.
Kegiatan yang diikuti oleh Tripedes dari 27 Desa dari 5 kecamatan di kabupaten Pangandaran yang digelar tiga hari dimulai dari 12 sampai dengan 15 November ini kedepanya diharapkan dapat berkontribusi untuk menghasilkan data ATS yang valid, dapat membantu mewujudkan data ATS yang akurat dan update, sehingga dapat dipergunakan sebagai dasar untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kebijakan penyelenggaraan wajib belajar pada jalur pendidikan formal maupun nonformal tingkat desa/kelurahan, atau dengan kata lain dapat membantu suksesnya pencapaian tujuan PIP yang tepat sasaran, tandasnya
Unsure peserta yang terlibat dalam kegiatan pentaloka penguatan system pendataan ATS melalui peran serta Tripides yaitu 100 orang terdari : 27 Desa dari 5 kecamatan yang ada di kabupaten pangandaran : Tripides, Kecamatan Pangandaran 8 desa, Kecamatan sindamulih 7 desa, Kecamatan parigi 4 desa, Kecamatan Cijulang 4 desa, Kecamatan Cimerak 4 desa, Penilik kabupaten Pangandaran 10 orang, PKBM 9 orang,
Dalam kesempetan tersebut hadir pula Dirjen Paud dan dikmas Haris kandar, Staff khusus Menteri Kemdndikbud R.Alfa Amirrachman Dandim pangandaran yang diwakili mayor Inf. Ikeu,Masrika, kapolres Ciamis yang diwakili oleh Kepala Bagian Sumber Daya Kompol Nana Supriatna, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pangandaran Surman.
Dirjen Paud Dikmas Haris Iskandar dalam sambutannya mengatakan tercatat ada 17,9 juta sasaran kartu Indonesia pintar (KIP) 13 juta anak ada didalam sitem sekolah formal serta 4,2 juta lagi anak yanga ada diluar sekolahdan ini adalah tugas kita mengapa kita hari ada disini, ini adalah tantangan yang harus kita cari, kita sisir dan kita yakinkah supaya mereka (anak usia 6 s/d 21 tahun) bisa kembli bersekolah di pendidikan nonformal dan nonformal kita bias dilayani oleh PKBM paket A,B C, kursus-kursus.
Dalam tahun ini direktorat Paud dan Dikmas menargetkan lima ratus ribu ATS dan allhamdulillah sudah tercapai, Haris optimis di tahun 2018 dengan strategi tripides ini angka secara nasional bisa kita dinaikkan.
Dikesempatan yang sama Staf Khusus Menteri Kemendikbud R.Alfa Amirrachman dalam sambutannya mengatakan saya sangat senang sekali peran tripedes ini telah membantu dalam pelaksanaan pendataan Anak usia sekolah yang tidak sekolah dengan cepat dan tepat sasaran, untuk tahun lalu kita berbenah dalam penyalurannya dan untuk tahun depan kita akan focus lagi bagaimana pemanfaatan dana ATS ini supaya lebih baik lagi.
Berkesempatan memberikan Materi dan Arahannya Dandim pangandaran yang diwakili mayor Inf. Ikeu,Masrika mengatakan dengan ketrlibatnya Tripedes ini muda-mudahan pendataan ATS semangkin berkembang lebih serius dan lebih akurat lagi. Kita Komitmen pendataan ATS ini harus selalu ter-update sekalipun ada perubahan dilapangan . pungkasnya
kapolres Ciamis yang diwakili oleh Kepala Bagian Sumber Daya Kompol Nana Supriatna mengatakan kami sangat mendkung sekali dengan keterlibatan polri dalam pendataan ATS ini dan jangan sampai anak usia sekolah ini tidak bersekolah, karena kwalitas SDM akan mendukung kepada semua aspek dalam kehidupan bernegara.


Langganan Via SMS
Nomer HP


Langganan Via Email
Email
 
  Aplikasi

  Galeri


ATS TRIPIDES


Pameran HAI 2017 Kuningan