Pemkot Bandung Launching PAUD Hiber dan Paket C Daring


Penulis : Enang Komala, S.Pd.



Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (ketiga kanan), Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudia Permana (ketiga kiri), kabid program dan informasi PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat, Dadang Sudarman T (ke empat kiri), Bunda PAUD Kota Bandung, Atalia Ridwan Kamil (kedua kanan) memukul kendang secara bersama-sama pada kegiatan Launching PAUD Hiber (Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif Berdimensi Sosial, Budaya dan Ekonomi) dengan Launching Paket C Daring (Paket C Dalam Jaringan/Online) Kota Bandung, di Bale Asri Pusdai, Jln. Dipenogoro, Kota Bandung, Rabu (25/10/2017). PAUD Hiber bertujuan untuk menjadikan PAUD yang bermutu menuju anak cerdas komperehensif dan berkarakter.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengatakan bahwa nantinya di setiap kecamatan akan didirikan pusat rujukan mutu. Pusat rujukan mutu diharapkan dapat menjadi wadah bagi PAUD di setiap kecamatan untuk saling tukar pikiran dan ide-ide kreatif serta memperbaiki kualitas belajar mengajar PAUD.

Pemkot Bandung menyepakati pendidikan anak-anak usia dini 100%. Tidak ada anak-anak Bandung yang hanya diam di rumah. Pokoknya harus mau sekolah. Maka dari itu kualitas PAUD kita benerin. Dulu sebelum saya menjabat, anak-anak usia dini yang sekolah hanya 50%, namun sekarang menjadi 87%, karena PAUD nya berkualitas. Ini merupakan kenaikan yang luar biasa," ujar Kamil,

Ridwan Kamil mengatakan bahwa kurikulum PAUD di Kota Bandung akan diperbaiki agar lebih kreatif. Kami mempersilakan PAUD-PAUD di Kota Bandung untuk mempergunakan taman sebagai tempat belajar.

Selain itu, Ridwan Kamil berjanji akan mensejahterahkan guru-guru PAUD di Kota Bandung dengan cara menaikkan pendapatan sebagai guru PAUD.
Namun, Ridwan Kamil enggan menyebutkan nominal gaji guru PAUD yang baru.

Selain melaunching PAUD Hiber, juga terdapat pengukuhan bunda PAUD kelurahan, kecamatan, serta bunda PAUD rujukan Kota Bandung.
Tidak hanya itu, dalam acara yang sama juga terdapat pemberian penghargaan guru-guru PAUD terbaik se-Kota Bandung.

Dalam kesempatan itu pula kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana menyampaikan bahwa mayoritas masyarakat saat ini lebih mementingkan pendidikan anak usia 15 tahun ke atas dan memandang sebelah mata pendidikan dasar. Lantaran itu, pemerintah harus hadir jika pendidikan dasar pun sangat penting.

"Maka dari itu, kita perlu meningkatkan mutu PAUD di seluruh wilayah. Untuk itulah kita membentuk pusat-pusat rujukan PAUD di 30 kecamatan Kota Bandung," kata Elih.

Menurut dia, Disdik Kota Bandung telah menetapkan satu PAUD untuk menjadi pusat rujukan mutu di tingkat Kota Bandung yakni PAUD Bunda Ganesa yang lokasinya sekarang ini berada di Jalan Gelap Nyawang No.2 Kota Bandung.

Elih menambahkan, selain PAUD, pemerintah kota Nandung telah mencanangkan program Paket C Daring atau online. Paket C Fungsional Daring itu sendiri adalah suatu model pendidikan kesetaraan Paket C dalam jaringan. Program ini ada atas kerjasama Disdik dengan PP-PAUDdan Dikmas Jawa Barat.

Juga kita gandeng UPI, yang dalam hal ini ketiganya bersinergi untuk menciptakan konten yang berkualitas dan implementasi program yang baik, ucapnya.

Dengan potensi yang dimiliki Kota Bandung dipandang layak menjadi percontohan dalam mengembangkan model pembalajaran ini. Ke depan, perlu ada sinergitas dengan dunia usaha dan industri agar program tersebut terus berkembang. tegasnya

Untuk bisa mengikuti progtam Paket C Daring, warga bisa mendaftar ke SKB Kota Bandung atau ke lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Nanti PKBM akan mendaftarkan warga sebagai peserta didik C Daring di PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat, tandas dia.


Langganan Via SMS
Nomer HP


Langganan Via Email
Email
 
  Aplikasi

  Galeri


ATS TRIPIDES


Pameran HAI 2017 Kuningan