Pendidikan keluarga masuk sekolah ?


Penulis : Enang Komala, S.Pd.



Tahun-tahun pertama kehidupan manusia merupakan periode yang sangat penting dan kritis. Keberhasian tumbuh kembang anak di tahun-tahun pertama akan sangat menentukan hari depan anak. Kelainan atau penyimpangan apapun kalau tidak diintervensi secara dini dengan baik pada saatnya, apalagi yang tidak terdeteksi akan mengurangi kualitas sumber daya manusia kelak di kemudian hari.

Dalam hal ini PP-Paud dan dikmas Jawa Barat melalui bidang kajian pendidikan keluarga menyelenggarakan seminar keluarga hebat dengan tema pola pengasuhan positif dalam membentuk karakter anak. (11/10/2017)

Seminar tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh kepala bidang program dan informasi Dadang Sudarman Trisutalaksana dalam sabutannya mengatakan dengan adanya seminar ini ingin mencoba mengawal bagaimana anak-anak kita atau anak didik kita mencapai perkembangan dan pertumbuhan sesuai dengan nilai nilai pendidikan yang ada, untuk mencapai tujuan tersebut kita harus membentuk mentalitas atau karakternya untuk membentengi supaya terus berkembang di keluarga, di sekolah dan di lingkungan nya.
Lembaga kami (red. PP-PAUD dikmas Jawa Barat) tugas utamanya dalam kegiatan ini adalah merumuskan resep atau pola bagaimana keluarga terlibat aktif dalam penyelenggaran pendidikan, tegasnya

Sesuai dengan tema seminar pola pengasuhan positif dalam membentuk karakter anak narasumber Eem Rohaemi Koswara menyampaikan inti materinya, Untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal tergantung pada potensi biologiknya. Tingkat trcapainya berbagai faktor yang saling berkaitan, yaitu faktor genetik, lingkungan bio-psiki-sosial dan perilaku. Lingkungan merupakan faktor yang sangat menentukan tercapai atau tidaknya potensi bawaan. Lingkungan yang cukup baik akan memungkinkan tercapainya potensi bawaan, sedangkan yang kurang baik akan menghambatnya.

Proses yang unik dengan hasil akhir yang berbeda-eda memberikan ciri tersendiri pada setiap anak.. Untuk itu orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan tumbuh kembang anak secara optimal.
Dalam sesi Tanya jawab peserta seminar yang terdiri dari para orang tua wali mudrid SDN Cimalaka 3 Kabupten. Sumedang sangat antusias saling berbagi pengalamannya dan ingin tahu bagimana dalam mendidik anak yang positif di keluarga, di sekolah dan di lingkungan nya.


Langganan Via SMS
Nomer HP


Langganan Via Email
Email
 
  Aplikasi

  Galeri


ATS TRIPIDES


Pameran HAI 2017 Kuningan