Model Media Belajar Sikap Dan Tata Nilai Baby Sitter


Penulis : Apidin Hasanudin dkk.



Selain memiliki kompetensi terampil merawat anak, seorang baby sitter juga harus memiliki sikap dan tata nilai yang mendukung kompetensinya dalam menjalankan tugas, sikap dan tata nilai tersebut adalah:

1.      Jujur

2.      Sabar

3.      Tidak mudah menyerah

4.      Mencintai kebersihan

5.      Menyukai dunia anak

6.      Ceria

7.      Komunikatif


Selain ke tujuh sikap tersebut, masih banyak sikap lainnya yang harus dimiliki oleh seorang baby sitter. Namun dari contoh-contoh tersebut, kita semakin menyadari bahwa sikap baby sitter merupakan elemen paling penting yang dapat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan bayi, jika sikap baby sitter tidak baik maka bisa berakibat fatal pada bayi kita.

Sikap dan tata nilai tersebut juga berguna ketika baby sitter berada dilingkungan kerja, karena baby sitter tidak hanya berhadapan dengan anak asuhnya saja, tetapi semua lingkungan yang berkaitan dengan anak, baik orang tua, rekan kerja, lingkungan rumah dan lingkungan sekitar rumah .


Pembelajaran sikap dan tata nilai baby sitter dilakukan melalui media yaitu, media baca, permainan dan media tayang
. Keberdaaan model ini bisa dijadikan alternatif solusi untuk menjawab permasalahan utama penyelenggaraan pendidikan kursus di Indonesia, baik di LKP atau satuan PNF lainnya  materi  sikap dan tata nilai  untuk para peserta  program pelatihan baby sitter dapat diberikan secara terpisah dari materi kompetensi baby sitter atau include dengan materi lainnya. Sehingga alumni pelatihan baby sitter selain mendapat kompetensi keterampilan merawat bayi, juga mempunyai sikap dan tata nilai yang baik untuk mendukung aktivitasnya sebagai seorang baby sitter yang handal.


Langganan Via SMS
Nomer HP


Langganan Via Email
Email
 
  Aplikasi

  Galeri


Pemetaan Mutu Prov. DKI Jakarta 2017


Pemetaan Mutu Angk. I