Model Pengembangan Media Nilai Kepemimpinan 2016


Penulis : Ujang Rahmat



Abstrak

Formula yang berlabel model pembelajaran ini mengimplementasikan pengembangan media belajar dalam upaya menanamkan nilai kepemimpinan bagi anak usia dini. Hasil pengembangan model pembelajaran ini meru¬pakan upaya penyediaan acuan pengembangan media belajar. Dengan model ini, pendidik akan terpandu mulai dari analisis KI dan KD, langkah-langkah memproduksi, cara meng¬gunakan, sampai evaluasi belajar atas media tersebut. Adapun yang menjadi nilai kepemimpinan yang distimulasikan tersebut, di antaranya: jujur, adil, pembelajar, dan kerja sama.
 
Dalam proses pengembangan formula ini, Tim Pengembangan menggunakan metode 4D (Define, Design, Development and Dissemination). Dalam prosesnya, dimulai dari mendefinisikan produk yang akan dihasilkan dan tertuang dalam rancangan/desain pembelajaran. Desain yang telah dikembangkan tersebut kemudian diujicobakan dan divalidasi oleh pakar. Pada akhir kerja pengem¬bangannya, model ini disebarluaskan kepada penggunanya.

Formula pengembangan media tersebut dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan anak didik dan tentunya karakteristik lingkungan, tempat lembaga tersebut berada. Pengguna model dipersilakan untuk mengadopsi, mengadaptasi bahkan mengem¬bangkan perangkat-perangkat dalam bahan bacaan ini sepanjang tidak keluar dari tujuan, arah, strategi dan hasil pembelajaran yang telah ditetapkan dalam Model Pengembangan Media Belajar Nilai Kepemimpinan Bagi Anak Usia Dini.


Langganan Via SMS
Nomer HP


Langganan Via Email
Email
 
  Aplikasi

  Galeri


Pemetaan Mutu Prov. DKI Jakarta 2017


Pemetaan Mutu Angk. I