Menumbuhkan Minat Teknologi Tepat Guna di Masyarakat


Penulis : Hidayat, M.Pd.



Teknologi tepat guna akan terus berkembang secara bertahap pada masyarakat. Teknologi ini akan diterima senada dengan tingkat kebutuhan serta kemampuan mereka dalam kenaikan jenjang taraf hidup.Itulah mengapa perlu adanya teknologi tepat guna. Sosialisasi ini bukan hanya sebagai media pengenalan namun juga sebagai pemantik guna menumbuhkan minat dan ketertarikan mereka akan teknologi tepat guna.

Perlu sebuah cara yang efektif serta efisien agar masyarakat makin lengket dengan teknologi tepat guna. Namun untuk menumbuhkan minat tersebut, sering terbengkalai dengan berbagai faktor dan penyebab, antara lain sebagai berikut.

  1. Masyarakat masih asing dan belum akrab dengan kegunaan teknologi tepat guna. Ini bisa dimaklumi sebab mereka telah memiliki teknologi sendiri sebelumnya.
  2. Selain asing dan belum akrab, mereka tidak mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Peran sosialisasi sangat diperlukan dalam teknologi tepat guna.
  3. Masyarakat tidak yakin akan keberhasilan teknologi tepat guna. Jika belum mencoba, bagaimana tahu akan gagal? Perlu adanya dukungan semangat dan motivasi untuk bertindak.
  4. Terbesit sebuah paradigma jika keberadaan teknologi tepat guna banyak membawa beban dibandingkan manfaat. Pandangan ini salah. Pemerintah harus mampu meyakinkan masyarakat akan pemikiran yang demikian.
  5. Arus informasi yang tidak berimbang akan teknologi tepat guna di mayarakat. Jika pemerintah datang langsung membawa teknologi tepat guna untuk ditawarkan, mungkin sebagian besar masyarakat akan menolak. Perlu sebuah komunikasi yang intens dan berimbang sebelum proses eksekusi teknologi tepat guna.
  6. Teknologi tepat guna yang ditawarkan diyakini tidak cocok dengan masyarakat. Kembali, perbenturan teknologi terjadi. Pemerintah harus mampu menyakinkan jika teknologi tepat guna ini lebih baik dan bahkan mampu mengubah kesejahteraan dan taraf hidup mereka.

Penerapan teknologi tepat guna di masayarakat dinilai telah mendesak untuk dilakukan guna peningkatan taraf hidup serta peningkatan produksi baik itu kualitatif maupun kuantitatif. Pemerintah harus memperhatikan faktor lain yang mendukung penerapan teknologi tepat guna. Seperti  skill, kemampuan, serta keahlian.

Teknologi tepat guna baik berupa perangkat keras dan lunak memiliki potensi serta kemudahan ketika menerapkannya. Dan potensi serta kemudahan ini dapat menjadi pemantik masyarakat agar mereka tertarik menggunakan.

Potensi-potensi tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Perawatan teknologi tepat guna dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat dengan bahan baku yang tersedia di pedesaan.
  • Tidak membutuhkan pengetahuan yang rumit dalam penerapan teknologi tepat guna. Sangat sederhana dan ramah tingkat intelektual.
  • Teknologi tepat guna tidak begitu membutuhkan biaya yang cukup tinggi baik itu dalam penggunaan, penerapan, maupun perawatan.
  • Dan yang paling penting teknologi tepat guna sangat ramah lingkungan dan tidak cenderung merusak potensi desa.

Selain itu, peru dilakukan sosialisasi teknologi tepat guna di pedesaan membutuhkan usaha yang sabar dan berkelanjutan. Meski akan memakan waktu yang tidak singkat, namun langkah ini wajib ditempuh sebagai upaya mensukseskan
penerapan teknologi tepat guna di masyarakat. Dasar empirisnya antara lain adalah:

  • Masyarakat pedesaan selalu berkembang, baik itu secara budaya, kultur, maupu tradisi. Dengan demikian, teknologi tepat guna harus dapat menyesuaikan dengan dinamika pergerakan masyarakat.
  • Kebutuhan mereka pun selalu berubah. Sangat dipengaruhi oleh iklim. Tak jarang iklim akan mempengaruhi proses produksi sehingga teknologi tepat guna yang diusung harus ramah akan iklim.
  • Sosialisasi perlu didukung dengan sarana penyuluhan dan pengenalan. Tak semua teknologi tepat guna akan diterima secara langsung oleh masyarakat. Mereka kerap memilih mana yang cocok dan mana yang dianggap tidak sesuai.
  • Perlu adanya sebuah motivasi dan energi dalam sosialisasi teknologi tepat guna. Masyarakat harus didorong ‘paksa’ dalam menerima teknologi ini. Mereka harus yakin jika teknologi tepat guna bakal mampu meningkatkan taraf hidup, kesejahteraan, serta kemudahan pekerjaan.


Langganan Via SMS
Nomer HP


Langganan Via Email
Email
 
  Aplikasi

  Galeri


Pameran HAI 2017 Kuningan


Pemetaan Mutu Prov. DKI Jakarta 2017